Selasa, 29 November 2016

Makanan Khas Jawa Barat

Beberapa Makanan Khas Jawa Barat adalah:
1. Empal Gentong
empal-gentong makanan khas jawa barat terenak
Empal Gentong
Empal gentong adalah makanan khas Jawa Barat pertama yang akan kami bagikan tepatnya berasal dari daerah Cirebon. Dinamakan empal gentong karena tempat untuk menaruh kuah adalah sejenis kuali dan lebih terkenal dengan nama gentong, oleh karena itu dinamakan empal gentong. Jika dilihat sepintas, empal gentong mirip dengan gule. Untuk cita rasa alami, proses memasaknya menggunakan kayu bakar terutama kayu pohon mangga menggunakan gentong tadi. Rasanya sangat lezat sobat, karena bahan utama empal gentong adalah daging sapi, usus dan babat. Ciri pedas khas jawa barat adalah sambalnya. Untuk menikmati empal gentong bisa dengan nasi atau juga lontong. Empal gentong yang terkenal adalah Empal Gentong Mang Darma Krucuk, alamat tepatnya di Jalan Slamet Riyadi Nomor 5 Cirebon. Oya ada cerita nyata menarik tentang mahasiswa universitas ternama di Yogyakarta yaitu UGM yang menjadikan empal gentong sebagai usahanya saat kuliah. Dan pas wisuda, gerobak yang biasa digunakan untuk berdagang dibawanya ke kampus karena membawanya menuju keberhasilan di kampus.Mantabs..
INFORMASI MENARIK LAIN : Makanan Khas Solo
2. Batagor dan Siomay
batagor dan siomay makanan khas jawa barat
Batagor
Siapa yang tidak kenal dengan batagor, anak TK sekalipun pasti sudah mengenal batagor dan siomay. Batagor dan siomay sudah sangat membahana bukan hanya untuk kalangan anak sekolahan saja, sampai dengan hotel dan restoran terkenal pun menjadi batagor sebagai sajian utama mereka. Dan yang paling menarik, batagor dan siomay adalah salah satu dari makanan khas Jawa Barat, asalnya dari Bandung. Batagor bukan nama sebenarnya karena batagor adalah nama singkatan dari bakso tahu goreng. Batagor terbuat dari  tahu yang telah dilembutkan dan diisi adonan berbahan dasar ikan tenggiri dan dicampur dengan tepung tapioka selanjutnya dibentuk bola dan digoreng dalam minyak panas sampai matang. Siomay siomay hampir sama dengan batagor, sama berbahan dasar ikan tengiri namun cara memasaknya adalah dengan dikukus. Siomay bisa juga digoreng untuk variasi lain. Batagor dan siomay disajikan menggunakan sambal kacang ditambah kecap dan saos. Dicoba saja sobat, dijamin nambah terus. Beberapa kedai yang terkenal dengan batagor maupun siomay nya seperti Batagor Haji Isan (pelopor batagor bandung), batagor riri, batagor yunus, batagor burangrang, batagor darto, batagor raja, batagor lucky dan batagor kingsley.
3. Cireng
makanan khas jawa barat cireng
Cireng
Seperti halnya batagor, cireng juga singkatan dari Aci goreng atau aci digoreng, itu mungkin yang menjadi ciri satu lagi makanan khas Jawa Barat dalam penamaannya disingkat.hehehe. Seperti namanya aci digoreng, cireng terbuat dari tepung tapioka yang dibumbui kemudian digoreng. Bahan untuk membuatnya seperti tepung tapioka, tepung terigu, air, garam, merica bubuk, bawang putih, daun bawangm kedelai, dan minyak goreng. Sekarang sudah sangat banyak macam dan rasa dari cireng. Kalau dulu cireng hanya 1 warna dan rasa, saat ini sudah bermacam-macam, ada rasa daging ayam, sapi,  baso, sosis, hingga keju dan juga ayam teriyaki.
4. Sega Lengko
sego nasi-lengko makanan khas jawa barat
Nasi Lengko
Sega lengko (nasi lengko) adalah makanan khas Jawa Barat khususnya masyarakat pantura seperti Cirebon dan Indramayu. Masakan khas daerah Jawa Barat ini kaya dengan protein, serat dan rendah kalori. Yang lebih baik lagi adalah non hewan, jadi buat sobat yang vegetarian, sega lengko mungkin cocok. Bahan-bahan untuk membuat sega lengko diantaranya yaitu nasi putih (panas-panas lebih baik), tahu goreng, tempe goreng, mentimun (mentah segar, dicacah), daun kucai (dipotong kecil-kecil), tauge (direbus), bawang goreng, bumbu kacang (seperti bumbu rujak), dan kecap manis (encer).
5. Cumi Hideung
Cumi Hideung Makanan khas jawa barat tradisional
Cumi Hideung
Satu lagi makanan khas Jawa Barat yang mungkin banyak orang belum tahu adalah Cumi Hideung. Cumi hideung adalah masakan khas tradisional sunda yang bahan utamanya terbuat dari cumi-cumi. Hideung sendiri dalam bahasa Indonesia artinya hitam, cumi hideung adalah ikan cumi yang dimasak sekaligus dengan tinta hitamnya sehingga berwarna hitam. Rasanya, waw.. sudah pasti nikmat dan enak. Coba saja deh sobat, mau dijadikan lauk atau dimakan tanpa lauk juga bisa.
6. Hayam Bakakak
ayam bukakak makanan khas jawa barat
Hayam Bukakak
Bagi yang baru mendengar nama makanan khas Jawa Barat Hayam Bukakak, artinya adalah masakan berbahan dasar ayam yang dibumbui khusus khas Sunda dan proses memasaknya dengan cara dipanggang. Kalau biasanya ayam panggang disajikan dalam bentuk dipotong-potong, dada sendiri, paha sendiri, kepala sendiri. Hayam Bukakak yang dimasak adalah ayam utuh, hanya dibuang bagian jeroannya saja, jadi untuk menikmatinya kayaknya perlu beberapa orang untuk menghabiskannya. Ini nih, sambelnya, khas sekali dengan Jawa Barat, bisa dengan sambal merah atau dengan sambal hijau (sambal beledug).
8. Kerupuk Melarat/ Kerupuk Miskin
kerupuk miskin makanan khas jawa barat dari cirebon
Kerupuk Miskin
Kerupuk miskin adalah kerupuk khas cirebon. Kenapa disebut dengan kerupuk miskin atau melarat? Kerupuk miskin terbuat dari tepung aci (tapioka), ternyata dalam pengolahannya bukan menggunakan minyak goreng tapi menggunakan pasir yang dipanaskan sehingga disebut kerupuk miskin. Tapi jangan khawatir pasir menempel di kerupuk, karena secara otomatis pasir akan lepas jika kerupuk sudah matang dan mengembang. Makanan khas Jawa Barat ini paling pas disajikan dengan sambalnya.
9. Karedok
karedok makanan khas jawa barat
Karedok
Karedok adalah makanan khas Jawa Barat yang dibuat dengan sayur-sayuran mentah. Jika sobat pernah makan gado-gado, bumbunya hampir sama dengan gado-gado tapi yang membedakan hanya sayur mentahnya saja. Sayur apa saja bisa dibuat karedok, namun yang umum adalah kacang panjang, terong bulat, kol, taoge, ketimun dan daun kemangi. Bumbunya sendiri seperti cabai merah, kencur, bawang putih, kacang tanah goreng, air asam, gula jawa, garam, dan terasi.
Demikian sajian kami mengenai makanan khas Jawa Barat. Mudah-mudahan bermanfaat dan menambah wawasan sobat semua mengenai makanan khas Indonesia. Nantikan artikel kami selanjutnya.
 http://sobatinfo.com/makanan-khas-jawa-barat-paling-enak/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar